Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Alhamdulillah... Tahukah Anda bahwa 99% TAMU PUAS! PaketWisataManado.com by Cakraloka Group telah dipercaya 2000+ HAPPY CUSTOMER. 

Berapapun jumlah Anda, 1, 2, 8, 20, 50 hingga ratusan orang kami siap melayani untuk berbagai jenis kegiatan dan cocok untuk family trip, artis, pejabat, perusahaan, instansi hingga BUMN..

Tempat Bersejarah Di Manado, Makam Juga Termasuk 2024

DAFTAR ISI [close]
    Tempat Bersejarah Di Manado, Makam Juga Termasuk 2024 - Tidak perlu khawatir jika nda bosan saat berkunjung ke Manado. Karena ada banyak tempat untuk menghabiskan waktu luang Anda sambil bersantai.

    Tampat Bersejarah Di Manado, Makam Juga Termasuk?

    Selain terkenal dengan tempat wisata alam dan makanannya yang lezat, Manado juga memiliki tempat wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi:

    1. Goa Jepang

    Goa Jepang tersebar dibeberapa wilayah Kota Manado, yakni Kelurahan Singkil Satu, Tanjung Batu, Titiwungen Selatan, Pakowa, Tikala Ares, dan Kairagi.

    Salah satu Goa Jepang yang masih terpelihara yakni yang terdapat di Jalan Lorong Bukit Kelurahan Tikala Ares Kecamatan Tikala. Goa ini memiliki 2 pintu masuk dan menyerupai terowongan dan berdinding beton. Lebar terowongan tersebut ± 2 Meter dan panjang ± 10 Meter. Didalam goa Jepang ini terdapat sebuah kamar berukuran kecil dan sebuah meja yang terbuat dari batu.

    Terdapat pintu penghubung menuju terowongan yang ada disebelah. Jadi, apabila kita masuk melalui pintu yang berada disebelah kiri akan keluar pada pintu sebelah kanan dan begitu sebaliknya. Terowongan ini memiliki jalan tembus yang menghubungkan dengan jalan raya disebelah kanan goa. Jalan yang akan dilalui menuju goa tersebut agak berbukit dan diatas goa tersebut terdapat perumahan penduduk.

    2. Monumen Perang Dunia II


    Pada tahun 1675, Ds Mantanus, seorang pendeta dari Belanda, pertama kali mengunjungi Manado dan melaporkan bahwa Manado memiliki kelas Kristen.

    Juga, pada masa pemerintahan VOC tahun 1677, seorang pendeta Belanda bernama Pendeta Zacharias Coners berada di Manado. Sebelum Gereja Manado Sentrum bernama, dikenal sebagai Katedral Manado Agung. Pada masa penjajahan Jepang, Katedral Manado berfungsi sebagai markas/pusat MSKK (Manado Syuu Kiri Sutoktop Kyookai) yang dipimpin oleh pendeta Jepang Hamasaki.

    Namun, Gedung Katedral Manado yang sarat dengan nilai-nilai sejarah religi, dihancurkan oleh bom saat Perang Dunia II atau invasi militer. Sebagai tanda atau prasasti, sebuah monumen didirikan di sebelah kiri gereja yang hancur. dan sampai sekarang Monumen Perang Dunia II ini masih berdiri.

    3. Tugu Dotu Lolong Lasut


    Itulah makam Dotu Lolong Lasut, yang lahir pada November 1450 dan meninggal pada 1520. Pada batu nisan monumen itu tertulis: Dotu Lolong Lasut alias Ruruares Teterusan dan Kepala Agama Tombulu, yang mempelopori dan membangun TUMANI WENANG negara kemudian berkembang menjadi Manado.

    Dotu Lolong Lasut adalah sosok perjuangan yang berhasil mengusir penjajah dari Portugis ke jajahan Wenang saat itu. Oleh karena itu, nama Dotu Lolong Lasut selalu dikenang oleh masyarakat Sulawesi Utara, khususnya masyarakat Manado dan Minahasa.

    4. Makam Kanjeng Ratu Sekar Kedaton


    Terletak di pemakaman Muslim di belakang gedung sekolah Eben Haezar. Makam Kanjeng Ratu Sekar Kedaton dibuat seperti rumah yang dikelilingi makam keluarga dan anaknya di pintu masuk. Letaknya yang strategis berada di tengah kompleks pemakaman, memberikan kesan lebih megah dan terkesan disegani.

    Di sekitar kuburan terdapat pepohonan yang rindang sehingga sangat sejuk dan tenang. Kanjeng Ratu Sekar Kedaton adalah permaisuri mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono V dan dimakamkan di Manado.

    5. Patung Wolter Robert Mongisidi Dan Piere Tendean


    Didirikan sebagai peringatan atas jasa dua orang putra Minahasa, yaitu Wolter Robert Mongisidi atau yang akrab disapa Bote putra Bantik Malalayang, yang dibunuh oleh regu tembak Belanda di Makassar Sulawesi Selatan karena pertempuran besar dengan Belanda saat ini.

    Motonya adalah "Kesetiaan sampai akhir dalam firman iman". Kapten Piere Tendean, putra Minahasa, yang gugur dalam peristiwa G 30 S/PKI dalam upaya mempertahankan Pancasila dan disebut sebagai pahlawan revolusi.

    Nah berikut ini adalah penjelasan tempat bersejarah yang ada di manado dan wajib anda kunjungi, jika anda tertarik dengan beberapa tempat yang telah kami uraikan di atas. Tim kami memberikan rekomendasi berupa paket perjalanan wisata ke Manado dan tempat-tempat lain yang ingin Anda kunjungi

    Paket yang kami berikan dan tawarkan telah terbukti kualitas dan pelayanan yang menjamin keamanan, kenyamanan, kehandalan dan juga hemat tentunya. Jangan ragu jika ingin bertanya kepada customer service kami mengenai paket yang kami tawarkan.
    Baca tulisan dibawah hingga selesai ya kak.. 🙏
    Scroll dan teruskan membaca hingga selesai kak, atau jika malas membaca langsung klik tombol hubungi kami..
    Cara Booking Tour di PaketWisataManado.com 🤝
    • Pilih Paket Tour Yang Diinginkan
    • Hubungi CS PaketWisataManado.com 
    • Berikan Nama Lengkap & Email
    • Bayar DP / Uang Buka Sesuai Invoice
    • Selesai, Happy Travelling

    Mengapa 2000+ Customer Memilih Kami 👍
    1. Pelopor Travel Halal #1 di Indonesia Timur
    2. Dipercaya 2000+ HAPPY CUSTOMER
    3. Crew Lokal Ramah, Sopan, Jujur Pastinya
    4. Customer Service/CS Ramah Sopan dan Solutif
    5. Harga Bisa Ditawar dan Terjangkau Bisa Nego
    6. Jaminan Harga Bebas Pungli
    7. Harga Sesuai Fasilitas dan Kualitas
    8. Rute/Ittinerary Fleksibel dan Tidak Melelahkan
    9. Memiliki Kantor Fisik + Sangat Jelas Alamatnya di Manado, Gorontalo & Raja Ampat Papua ( Jadi Maaf, Bukan Sekedar Travel Online / Abal Abal ) 🙏