MASIGNASUKAv102
5064269530559935982

Biaya Wisata ke Pulau Lihaga Dengan Harga yang Termurah!!



Hai Teman teman sekalian, Apa kabar Kalian semua? Aku berharap semua nya dalam keadaan sehat-sehat semua. Kali ini kita akan membahas tentang pulau yang berada di Likupang dengan nama Pulaunya Adalah Pulau Lihaga.

Menjelajahi lebih jauh tentang Pulau Lihaga

Pulau yang satu ini berletak di Provinsi Sulawesi Utara yang juga merupakan salah satu provinsi yang sangat dianugrahi pulau-pulau yang begitu kecil. Pulau Lihaga ini juga merupakan salah satu pulau yang bisa dibilang belum berpenghuni, Pulau ini juga berletak di bagian Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Likupang ini juga sudah di tetapkan sebagai lima destinasi wisata yang super prioritas oleh Presiden Republik Indonesia kita Yaitu Bapak Joko Widodo. Pulau lihaga memiliki luas sekitar 8 hektar, kekayaan nya yang masih terjaga. Hijaunya pepohonan disana, Jernihnya juga perairan nya yang berwarna hijau toska. Serta pasir yang begitu putih dan lembut seperti tepung yang juga membentang di bagian garis pantai.
.

Menuju ke Pulau Lihaga dari Manado

Manado juga merupakan salah satu ibu kota yang berada di Sulawesi Utara. Kalau ingin ke Pulau Lihaga dari Manado pertama kalian harus meuju ke Pelabuhan Serai, Likupang Barat, terlebih dahulu. Manado ke Pelabuhan Serai berjarak 60 kilometer, Membutuhkan waktu kira-kira 2 jam perjalanan.


Kota Manado berada di wilayah administrasi provinsi Sulawei Utara, sekaligus menjadi salah satu ibu kota provinsi tersebut. Dengan adanya suku Minahasa sebagai suku terbesar yang berada di Manado, Kota manado memiliki semboyan yang begitu unik, Yaitu Si Tou Timou Tomou Tou, sebuah semboyan hidup bagi rakyat minahasa yang dalam bahasa indonesia berarti "Manusia satu memanusiakan manusia lainnya"

Berada di ujung Utara Pulau Sulawesi, Dengan luas wilayah sekitar 15.726 Hektar, Kota Manado berbatasan dengan: 
*Selat Mentehage dan Kabupaten Minahasa Utara di sebelah Utara
*Kabupaten Minahasa di sebelah Timur
*Kabupaten Minahasa di sebelah Selatan
*Teluk Manado di sebelah Barat

Mayoritas di daratan Kota Manado berupa barisan pegunungan dan perbukitan. Sedangkan daratan rendahnya berada di agian tepi pantai. Iklim kota manado sangat relatif sama dengan kota-kota pada umumnya di Pulau Sulawesi, yaitu beriklim Tropis. Dengan musim penghujan sekitar bulan april-september dan musim Kemarau sekitar bulan November-Maret.

Kota Manado juga merupakan salah satu kota terbesar ke dua yang berada di Pulau Sulawesi , setelah Makassar. Daratan Manado mjuga merupakan mayoritas berupa pegunungan dan perbukitan di area bagian tengah. Ketinggiannya yang mencapai sekitar 610 mdpl (Gunung Tumpa), namun di area kota memiliki ketinggian rata-rata sekitar 250 mdpl. Sedangkan darata yang rendahnya mayoritas berupa pantai bagian tepi, Dari perbukitan dan pengunungan tersebut, beberapa sungai juga Mengalir yang melintasi Kota Manado. Antara lain Sungai Tikala, Sungai Tondano, Sungai Malalayang, Sungai sungai tersebut mengalir dan juga bermuara di Teluk Manado.

Secara Administratif, Kota Manado juga memiliki 87 kelurahan dari 9 Kecamatan ini, Antara lain:
1.Bunaken
2.Malalayang
3.Mapanget
4.Sario
5.Singkil
6.Tuminting
7.Wenang
8.Wanea
9.Tikala

Budaya di Manado dengan jumlah penduduk sekitar 410.480 jiwa (sensus tahun 2010), Suku Minahasa adalah suku suku terbesar yang ada di Kota Manado, Karena Manado berada dalam wilayah tanah Minahasa. Akan tetapi, masyarakat asli Kota Manado Dari suku Tombulu. Masyarakat Manado kebanyakan berasal dari beberapa suku lainnya, seperti Suku Bantik, Suku Gorontalo, Suku Sangir, Suku Talaud, Suku Mongodow, dan lain lain sedangkan suku pendatang yang pada saat ini di bagian dari Masyarakat Manado, mayoritas berasal dari Arab dan Cina (Tionghoa), Selain itu pendatang lainnya tidak dari luar Indonesia yaitu Jawa, Batak, Makassar, dan daerah daerah lainnya.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Lihaga

Di Karenakan keindahan bawah lautnya yang tidak bisa diragukan lagi, Para pengunjung yang datang bisa melakukan kegiatan yang menarik. Para pengunjung bisa snorkelling untuk bisa melihat terumbu karang dan juga biota yang masih indah, Di katakan memang area laut disini masih sangat terjaga kekayaan bawah lautnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan berbagai turis untuk datang berlibur disini.

Ombak nya tidak terlalu besar membuat kalian bisa melakukan banyak hal tersendiri di pulau ini. Selain juga bisa berlarian di pasir yang putih, Kalian juga dapat mengubur diri di sini dan juga membangun istana pasir disini, Meskipun ombak disini begitu tenang tetapi kalian juga harus berhati-hati.

Ada juga beberapa Spot spot foto yang berlatar belakang lautan biru dan beragai pulang yang ada di sekelilingnya juga tidak bisa anda lewatkan walaupun hanya sekedar mengabadikan momen, Tidak jarang banyak wisatawan berfoto dan mengunggah di media sosial yang membuat banyak orang penasaran, sehingga banyak foto yang keren dan kekinian untuk bisa dijadikan dokumentasi.


Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lihaga

Fasiitas yang terdapat di pulau ini bisa dibilang lengkap untuk pulau yang tidak berpenghuni. Kamar mandi atau toilet disini bisa digunakan oleh para pengunjung. Perlu diketahui jika pulau Lihaga ini keberadaan air bersihnya bisa terbilang susah, Sehingga anda dapat merogoh kantong jika ingin membersihkan diri. 

Jika ingin bermalam disini, pulau ini belum ada penginapan. Namun disini tersedia bangunan yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan untuk Bermalam, sehingga tak perlu membangun tenda untuk bermalam di tempat tersebut. Tetapi bukan berarti anda tidak membutuhkan peralatan camping, tetapi tetap dibutuhkan dan harus juga dibawa sendiri karena di pulau ini pun belum tersedia peralatan untuk camping yang di sediakan, Warung makan pun juga belum tersedia di pulau ini.

Kebanyakan yang menjual makanan merupakan penduduk dari pulau lain yang berarti tidak selalu buka selama 24 jam. Menginap atau mengadakan camping juga bisa dikatakan harus membawa peralatan yang cukup, Entah itu makanan hingga perlengkapan lainnya yang harus dibawa, dan jangan lupa untuk membawa sunblock karena teriknya matahari yang di pulau sangat menyengat, Hal ini juga bisa menyebabkan kulit kalian terbakar

Waktu yang Pas Berkunjung Ke Pulau Lihaga

Waktu yang terbaik saat berkunjung ke Pulau Lihaga adalah saat musim kemarau. Pada saat itu cahaya matahari akan turun pancarkan kejernihan air laut dan putih pasirnya pantai lihaga yang begitu silau. Dengan cuaca yang panas juga sangat di anjurkan sehingga di jamin semua nya akan berjalan lancar dan akan berakhir dengan bahagia.

Diving juga bisa dikatakan sebagai kegiatan rekreasi yang bisa dicoba di sini jika memang mempunyai lisensi untuk melakukan scuba diving , dan sudah di pastikan membawa peralatan selam sendiri, karena tidak ada operator yang menyediakan hal itu di pulau ini. Dengan lakukan scuba diving kalian dapat melihat betapa indahnya bawah laut dari Pulau lihaga ini.

Aktivitas seperti snorkelling juga salah satu menjadi opsi keren Atau, jika kalian cukup oke meredam nafas dan menyelam beberapa saat tanpa peralatan selam, menjadi tidak begitu jauh dari pantai, pada kedalaman 2 meter, soft coral yang elok bisa terlihat begitu terang serta sentuh. Tetapi satu kali lagi itu bisa dilaksanakan bila kalian sanggup yaa. Bila tidak sanggup jangan memaksa, karena bisa berakibat faltal yang membahayakan diri sendiri!

Bermain jet ski juga sebenarnya sangat di recommended di pulau Lihaga yang tenang ini, tetapi sayang nya, tidak ada operator yang menyediakan hal itu, Walau demikian, beberapa pelancong asing pernah melakukan hal itu di sini. Mereka menyegaja membawa jet ski setelah mereka berekreasi dari teritori bunaken.

Air nya yang begitu tenang, sudah di pastikan recommended untuk berenang disini tapi tidak jauh dari pantai. Tidak perlu khawatir, setelah beraktivitas di air, sekarang sudah tersedia ruangan tukar dan toilet untuk membersihkan tubuh.

Berjemur juga adalah menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk rileksasi karena panas matahari benar-benar terik di sini. Atau, hanya sekedar duduk rileks dan ber malas-malasan baik di pasir maupun di bawah pohon teduh yang banyak di temui di pulau ini.

Tata Letak Likupang Sebenarnya

Daerah Likupang merupakan daerah pesisir yang banyak dihuni oleh orang orang Nusa Utara yang juga termasuk dalam etnis Sangir Talaud. Etnis itu tinggal di bagian kabupaten kepulauan di Sulawesi Utara, Seperti Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Banyak yang mengira Likupang itu adalah Kupang (NTT). Tapi salah, karena Likupang itu berada di Sulawesi, Tepatnya di daerah yang paling Utara di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luas Likupang sekitar 200 hektar. Likupang juga mempunyai kawasan pesisir dan pantai yang berpasir putih.

Manteri Pariwisata sebelumnya Arief Yahya pernah mengatakan masuknya Likupang menjadi destinasi super prioritas bersama empat destinasi Bali Baru karena komitmen daerahnya yang telah melakukan percepatan menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus)

Ada Apa Saja Di Likupang?


Tidak hanya Bunaken yang menjadi tempat destinasi terbaik yang berada di Manado, Likupang juga tidak mau kalah, Ada kecantikan alam lainnya yang bisa kita dapatkan di Likupang.

Pulau Lihaga, Pantai Paal, Pantai dan Gua Pulisan, Bukit Pulisan. Pantai Paal dan Pulisan adalah kawasan pesisir yang menjadi pusat KEK Pariwisata yang berada di Likupang.

Salah satunya di Pulau Lihaga. Bibir pantai yang landai dan indah, pasirnya yang layaknya tepung putih dan lembut, dikelilingi beberapa pulau kecil dan air laut yang jernih tiada tara Terbangkan drone hingga setinggi pulan meter, Yang juga masih sangat terlihat jelas jajaran Karang yang tertata indah di bawah pulaunya

Menjumpai di belang orange putih dan dori bukanlah hal yang sulit dan mustahil disini sebab Dori dan teman-temannya juga berenang bebas di area ini

Manfaat Yang di Dapatkan Ketika Liburan Ke Pulau Lihaga

-Menghilangkan Stres

Pantai juga dapat menjadi tempat seseorang untuk bersantai dan juga berbaring. Dan rupanya mendengarkan ombak dan yang merasakan embusan angin membuat tubuh yang menjadi rileks dan tenang, Oleh karena itu, beberapa orang ke pantai untuk menghilangkan stres.
Pantai dipercaya akan membuat perasaan menjadi lebih baik.

-Memberikan banyak vitamin D

Saat ke Pantai, tubuh kita akan sering terpapar sinar matahari yang memberikan vitamin D bagi tubuh. Vitamin D sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

-Pantai membuat tubuh bugar

Kegiatan di pantai juga bisa melibatkan berbagai aktivitas fisik. Banyaknya kegiatan yang menggunakan aktivitas fisik akan juga melatih bagi setiap otot tubuh. Oleh karena itu tak salah kalau di pantai akan membuat kebugaran bagi tubuh, tergantung jenus kegiatan yang dilakukannya.

-Pasir pantai baik untuk kesehatan kulit

Pasir di pantai dapat berguna sebagai scrub yang alami, pasir pantai dapat membantu untuk pengelupasan sel sel kulit mati

-Meningkatkan Kualitas Tidur

 Dokter menjelaskan tentang udara laut di penuhi dangan ion negatif yang sehat, yang juga mempercepat kemampuan yang menyerap oksigen. Efek ini dapat menenenagkan tubuh sehingga dapat menyebabkan tidur yang lebih nyenyak.

Selain itu pantai juga menjadi pikiran menjadi tenang, sehingga kualitas tidurnya semakin membaik

Perbedaan Diving dan Snorkelling yang jarang di ketahui




Sama dengan kegiatan menyelam di laut Kedua kegiatan ini juga termasuk olahraga yang menyehatkan tubuh.

-Kedalaman laut

Perbedaan yang paling dasar dari kedua kegiatan ini adalah kedalaman laut untuk menyelam. Saat kita melakukan snorkelling, biasanya hanya menyelam di bagian atas permukaan laut saja. Sedangkan saat kita diving, kita akan menyelam ke bagian laut yang lebih dalam

Apabila dengan jenis scuba diving, kita akan menyelam sampai ke dasar laut.

-Peralatan yang di Butuhkan

Saat kita sedang snorkelling, lita akan di bekali dengan kacamata renang, kaki katak, dan snorkel yang berentuk seperti huruf J. Karena hanya berenang di atas permukaan saja, kita tidak membutuhkan tabung oksigen yang lengkap.

Kita bisa bisa bernapas dengan menggunakan snorkel asalkan alat tersebut tidak masuk sepenuhnya ke dalam air.

Sedangkan Diving, kita juga membutuhkan kacamata renang dan juga kaki katak. Biasanya, Kita harus menggunakan baju khusus menyelam agar tetap merasa hangat semenara di bawah lau yang dingin. Lalu agar kita bisa bernapas meskipun berada di dasar laut, kita membutuhkan tabung oksigen, agar tabung oksigen inilah yang membuat kita pakai di bagian mulut kita

-Penyelam Khusus

Snorkelling merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa berenang. Itu dikarenakan Diving lebih berbahaya daripada snokelling. Sebelum melakukan diving, kita juga sangat diharuskan untuk mengikuti kursus menyelam lebih dulu dan juga yang sudah mendapatkan sertifikat

Tempat Wisata Lain di Likupang

Tidak hanya Pulau lihaga yang terdapat di likupang yaitu ada lagi yang lain.

-Pantai Pulisan



Pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut ini telah jadi destinasi favorit di Likupang. Jernihnya air laut disini semakin menambah keindahannya. Kamu bisa melihat pemandangan ini di dalam air dengan jelas. Tak hanya itu, adanya batu karang yang menyerupai gua, menjadi daya tarik yang tersendiri 

-Bukit Pulisan

Bukan hanya pantai pulisan yang menjadi daya tarik di Likupang, tetapi ada juga bukit Pulisan yang memperlihatkan hamparan padang rumput yang dengan pemandangan laut yang indah. Untuk menuju ke puncaknya, kamu harus juga melewati perjalanan yang agak menantang selama kurang lebih satu jam, Namun jika kalian mencapai puncak, Perjuangan kalian akan terbayar lunas

Sekian lah artikel ini saya buat tentang Wisata Pulau Lihaga yang dengan harga murah, Jika ingin memesan silahkan pesan disini! Dan ssaya ucapkan Terima Kasih.


By: Musyarrof Malik