Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal lebih dekat dengan Likupang Paket Wisata Manado Cakraloka Tour

Sulawesi Utara merupakan provinsi di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. Pantai, pegunungan, serta hutan yang rimbun wajib Sobat Pesona kunjungi ketika berada di provinsi tersebut.




Salah satu tempat terbaik yang dapat Sobat Pesona temukan di sini adalah Pantai Likupang. Pantai ini terletak di bagian paling utara pulau Sulawesi dan hanya berjarak 48 km dari kota Manado, tepatnya berada di kabupaten Likupang

Likupang bisa dibilang surga bagi para pencinta pantai karena pesonanya yang tiada dua, misalnya seperti di Pantai Paal dan Pantai Pulisan. Bentang pasir putih dengan laut biru yang bersih cocok dinikmati sambil snorkeling, diving. dan berjemur menikmati matahari tropis.

Sebagai destinasi wisata dan Super Prioritas Likupang masih harus terus berbenah diri demi menyempurnakan fasilitas dan kebutuhan wisata lainnya. Kawasan Likupang hingga kini masih terus dikembangkan.

Selain pembangunan resor kelas menengah dan premium, kawasan Likupang juga telah ada beberapa pondok wisata atau homestay di sejumlah tempat, seperti di Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan di Desa Pulau Gangga.

Dan Likupang Juga merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang ditargetkan menjadi tempat wisata proritas dan bisa mendatangkan wisata dan turis dari lokal ataupun mancanegara.

Bagi yang masih asing dengan namanya, Likupang berada di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Kawasan seluas 200 hektare ini bisa ditempuh sekitar 1,5-2 jam dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

KEK Likupang juga dinilai memiliki keunggulan dari sektor pariwisata dengan tema resor dan wisata budaya. Tema tersebut juga didukung oleh kawasan sekitarnya yang memiliki pantai dan dekat dengan Wallace Conservation Center.

keunggulan geoekonomi bertumpu pada lokasi Likupang Timur memiliki orientasi geografis wilayah yang berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung. Kawasan ini diproyeksikan menarik investasi sebesar 5 triliun dan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 65.300 hingga tahun 2040.

Saat ini, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih terus melakukan pengembangan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk di Sulawesi Utara. Lewat pengembangan Destinasi Super Prioritas (DPSP) Manado - Bitung - Likupang.

Tempat Wisata Yang Ada Di Likupang

Dan jika ingin ke Likupang ini ada beberapa list tempat yang bisa di kunjungi di Likupang Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

• Pulau Lihaga

Pulau Lihaga adalah tempat yang bisa dibilang tempat yang bisa menghilangkan stress, penat dan segala kesibukan dan kecapean yang ada di kota. Karena di Pulau ini anda hanya akan menemukan tempat untuk bersantai, dan kenyamanan yang membuat anda merasa nyaman dan aman.

Dengan keindahan, pesona dan ke elokan yang ada sudah pasti akan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menarik wisatawan dan turis mau lokal ataupun mancanegara.


• Pantai Pulisan

Pantai Pulisan juga merupakan salah satu tempat yang harus kita kunjungi di Likupang. Karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat memanjakan mata dengan pasir putih yang halus dan laut yang jernih yang membuat siapapun yang pergi ingin tetap berlama-lama disana.

Dan di pantai ini terkenal dengan toko dan souvenir, yang ada disana dan jarang bisa ditemukan di kota.

• Pulau Gangga

Pulau Gangga adalah pulau yang bisa menjadi tempat pilihan wisata yang ada di Likupang. Pulau Gangga menawarkan keindahan alam yang masih cukup terjaga keasriannya. Sebagian besar masyarakat sekitar pulau yang berprofesi sebagai nelayan pun turut menjaga keindahan pulau tersebut.

Pulau ini mempunyai pantai dengan hamparan pasir berwarna putih, serta air laut berwarna biru jernih. Air lautnya cukup tenang, sehingga sangat cocok buat kamu yang gemar bermain-main air di sekitar pantai.

Terumbu karang yang berwarna-warni, serta berbagai jenis ikan semakin menambah pesona pulau ini. Tak heran, pulau kecil yang berdekatan dengan Lihaga ini menjadi salah satu spot diving incaran wisatawan.

Selain itu, Pulau Gangga juga mempunyai panorama sunrise dan sunset yang tidak boleh dilewatkan. Di sini wisatawan juga tak sulit menemukan beragam spot-spot foto selfie, salah satunya spot ayunan di pinggir-pinggir pantai.

• Bukit Pulisan

Masih berada di kawasan Pantai Pulisan, Bukit Pulisan jadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Bukit ini punya pemandangan yang tak kalah menakjubkan.

Sebelum sampai ke puncak Bukit Pulisan, kamu setidaknya harus trekking sekitar 30 menit sampai 1 jam. Butuh tenaga ekstra untuk mencapai puncak bukit satu ini.

• Bukit Larata

Selain Bukit Pulisan, Bukit Larata juga menawarkan pesona yang tak kalah indahnya. Bukit yang terletak di Likupang Timur itu tak kalah indahnya dengan bukit-bukit yang ada di Lombok.

Bukit Larata merupakan bukit savana dengan padang rumput yang membentang secara luas, berpadu dengan pemandangan laut. Sejauh mata memandang kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.


• Pantai Paal

Pantai yang terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, ini terkenal akan keindahannya.

Selain pemandangannya yang eksotis, pantai berpasir putih selembut sutera dan berbalut perbukitan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pasir yang lembut hingga ombak yang menyapu bibir pantai, menjadi pemandangan indah yang membuatmu seolah betah berlama-lama di sini. Meski begitu, ombak di Pantai Paal cukup besar, sehingga kita harus tetap berhati-hati.

Pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti rumah, toilet, dan lahan parkir. Buat yang tertarik mengunjungi Pantai Paal, kamu hanya perlu membayar Rp 25 ribu per orang.

Kuliner Yang Ada Di Likupang

Dan itulah beberapa tempat yang wisata yang bisa anda kunjungi ketika di Manado dan ingin pergi ke Likupang. Dan kali ini adalah beberapa makanan yang bisa anda coba ketika pergi ke Manado dan Likupang.

• Panada

Kalau dilihat sekilas bentuknya mirip dengan pastel. Namun, keduanya adalah camilan yang berbeda. Panada merupakan roti goreng yang memiliki isian ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir kecil. Ikan tersebut juga sudah dibumbui dengan bawang merah, cabai, kemangi, daun bawang, dan daun jeruk.

Nggak melulu dijadikan menu untuk sarapan, panada juga bisa dijadikan cemilan atau makanan yang cocok di seruput dengan kopi di sore hari.

• Lalampa

Sulawesi Utara yang menggunakan ikan cakalang sebagai bahan untuk mengolahnya. Namanya lalampa. Sudah pernah dengar? Lalampa ini mirip dengan lemper kalau di Jawa. Terbuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang juga. Namun, ada beberapa hal yang membedakan. Pertama, isian lalampa berupa ikan. Kedua, selain dikukus, lalampa juga harus dibakar. Sebelum dibakar, lalampa diolesi dengan minyak sayur sehingga aromanya dan rasanya akan lebih kuat.

Masyarakat lokal menyukai makanan ini sebagai camilan ketika minum teh di sore hari. Biasanya lalampa akan disajikan dalam keadaan hangat. Wah, jadi lapar nih membayangkan aroma dan rasa gurihnya lalampa.

• Bubur Manado/Tinutuan

Tinutuan merupakan makanan yang bisa dengan gampang ditemui di sulawesi utara dan merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Namun, bubur ini ngga hanyak ada di Manado lho, melainkan di daerah-daerah lain di Sulawesi Utara, termasuk Likupang.

Dan itulah beberapa informasi tentang Likupang, mungkin bisa menjadi referensi anda untuk berlibur dan berwisata di Likupang. Jadi bagaimana apakah anda jadi ingin pergi ke Likupang?