MASIGNASUKAv102
5064269530559935982

3 Kuliner Khas Manado Yang Bikin Ketagihan

3 Kuliner Khas Manado Yang Bikin Ketagihan - Hallo Sobat Travelers apa kabar kalian hari ini? saya harap kalian dalam keadaan yang baik dan sehat ya. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang 3 kuliner khas manado yang bikin ketagihan. Jika Sobat Travelers berada di Manado, Sobat Travelers wajib menncoba kuliner-kuliner khas manado ini. Sebelum saya memberikan informasi tentang 3 Kuliner khas manado, ada baiknya saya menjelaskan tentang Kota Manado terlebih dahulu. 

3 Kuliner Khas Manado Yang Bikin Ketagihan

KOTA MANADO. 

Kota Manado adalah ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota Manado memiliki 11 kecamatan dan 87 kecamatan dan desa. Menghadap Teluk Manado, Manado dikelilingi oleh pegunungan, dan pantainya merupakan tanah reklamasi yang digunakan sebagai jalan perbelanjaan. 

Kota ini memiliki 408.354 penduduk pada sensus 2010, menjadikannya kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Jumlah penduduk Manado diperkirakan 430.790, (berdasarkan Januari 2014) dan akan meningkat menjadi 475.557 pada tahun 2020, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2020, dengan kepadatan penduduk meningkat 2.926/km2.

Kota Manado terletak di ujung semenanjung utara Pulau Sulawesi, 124°40' - 124°50' Bujur Timur dan 1°30' - 1°40' Bujur Utara. Kota ini memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata antara 24° dan 27°C. Curah hujan tahunan rata-rata adalah 3.187 mm, dengan Agustus terkering dan Januari terbasah. Luas lahannya adalah 16.253 hektar. Manado juga merupakan kota pesisir dengan garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. 

Selain itu, kota ini dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Wilayah daratannya didominasi perbukitan dengan beberapa dataran rendah pesisir. Dataran berkisar di ketinggian 0 sampai 40 derajat dan merupakan puncak tertinggi Gunung Tumpa. Wilayah perairan Kota Manado meliputi Pulau Bunaken, Pulau Siladen dan Pulau Manado Tua. Pulau Bunaken dan Siladen berbukit-bukit, dengan puncak tertinggi 200 meter. Pulau Manadotua merupakan pulau pegunungan dengan ketinggian ±750 meter.

Selain sejarah yang panjang Kota Manado juga merupakan daya tarik wisata utama bagi para pelancong. Ekowisata adalah daya tarik terbesar Manado. Menyelam scuba dan menyelam permukaan di Pulau Bunaken juga merupakan atraksi populer. Tempat lain yang dapat menarik wisatawan adalah Danau Tondano, Gunung Lokon, Gunung Klabat dan Gunung Mahau. Selama dua dekade terakhir, aktivitas pariwisata berkembang pesat dan menjadi salah satu penopang perekonomian kota. 

Primadona pariwisata di Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara adalah Taman Nasional Bunaken yang disebut-sebut sebagai salah satu taman laut terindah di dunia. Taman Laut Bunaken adalah salah satu dari beberapa cagar alam atau taman nasional di Indonesia.

Taman Laut Bunaken terkenal dengan terumbu karangnya yang luas dan indah, dan juga digunakan sebagai tempat menyelam bagi wisatawan asing. Pulau Bunaken adalah salah satu dari lima pulau yang terletak beberapa kilometer di lepas pantai kota Manado. Lokasinya yang hanya sekitar 8 km dari daratan kota Manado dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit hingga 2 jam, membuat mengunjungi taman nasional ini menjadi mudah.

Nah Sobat Travelers itu dia penyelasan saya tentang Kota Manado, sekarang saya akan memberikan informasi tentang 3 kuliner khas Manado yang bisa buat kalian ketagihan. 

1. DABU-DABU. 

Dabu Dabu adalah salah satu makanan khas Manado yang paling populer dan bahkan dianggap oleh banyak orang sebagai ikon masakan Manado. Dabu-dabu sendiri merupakan resep sambal khas Manado, dimana potongan cabai dicampur dengan tomat segar, bawang bombay dan berbagai bahan lainnya sehingga menghasilkan rasa yang sangat menyegarkan dan pedas. Di Manado sendiri, para toppers bisa mencicipi berbagai olahan dabu dab, mulai dari dabu dabu lemon, dabu dabu bakar, dan berbagai makanan khas Manado lainnya.

2. SAMBAL ROA. 

Manado benar-benar surga bagi pecinta makanan pedas. Selain Dabu Dabu, ada juga sambal Manado yaitu Sambal Roa. Masakan tradisional Manado ini dibuat dari daging ikan roa asap dan ditaburi cabai rawit serta berbagai bumbu lainnya yang membuat sambal ini sangat beraroma dan sering digunakan oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

3. AYAM TUTURUGA. 

Sepintas, hidangan khas Manado ini terlihat seperti opor ayam. Bahan untuk membuat ayam tuturuga ini tidak jauh berbeda dengan opor ayam untuk dimasak. Makanan khas Manado yang terbuat dari ayam dengan kuah santan berwarna kuning dan berbagai bumbu ini terkenal dengan cita rasanya yang lezat.

Nah Sobat Travelers itu dia informasi yang dapat saya berikan untuk Sobat Travelers semua tentang 3 Kuliner Khas Manado Yang Bikin ketagihan, bagi Sobat Travelers yang berada di Kota Manado, ketiga kuliner ini wajib untuk di cicipi. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi Sobat Travelers semua.